Laman

Inilah Diriku

Inilah Diriku

Selasa, 28 September 2010

Filsafat Saints

Nama : Sigatullah Mujadedi
NIM : 207202153
Kelas/semester : Pendidikan Biologi C/V
Mata kuliah : Filsafat sains

1.Jelaskan arti penting filsafat sains terhadap perkembangan sains?
Jawaban:
Peran filsafat sains sangat penting dalam perkembangan sains karena tidak akan ada penemuan terbaru jika tidak ada filsafat sains, fisafat sains bermula dari sebuah pemikiran, kemudian muncul sebuah pertanyaan, sehingga muncul lah rasa ingin tahu yang diimbangi dengan mulai mencari suatu kebenaran, sehingga munculnya sebuah jawaban. Dan itulah yang dipakai dalam sains.
2.Jelaskan makna kebenaran sains yang relative dengan cara yang optimis?
Jawaban:
Maksudnya sains dalam mencari suatu kebenaran malalui proses yang panjang dari mulai rumusan masalah, lalu menyusun hipotesis dan mulailah melakukan percobaan. Sehingga apapun yang dikatakan oleh sains adalah sesuai dengan hasil yang diperoleh dari suatu penelitian. Biasanya penyampaian hasil dari sains berupa suatu prediksi/perkiraan, walaupun semuanya dapat dibuktikan dari sebuah hasil penelitian. suatu kebenaran sains adalah suatu kebenaran yang mampu langsung dapat dibuktikan,
3.Bagaimana cara mengatasi dikotomi ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum?
Memang sudah mendarah daging paham tentang bahwa hanya ilmu agama yang dianggap benar, dengan merubah paradigma dan pola pikir masyarakat, baru lah adanya penyeimbangan antar semua ilmu. Merubah paradigama dan pola pikir yaitu dengan cara meyakini masyarakat bahwa ilmu yang lain juga wajib di pelajari dengan membawa bukti-buktinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar